Aplikasi Penilaian dan Raport Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Assalamu'alaikum, Wr, Wb.
Sahabat guru bertemu lagi dengan saya. Kali ini saya akan berbagi Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Kelas 5 SD Semester 2 Revisi. Aplikasi ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai guru SD yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 di sekolah dan berdasarkan masukan dari teman-teman terutama teman dari sekolah saya sendiri.

Aplikasi Penilaian dan Raport Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

Aplikasi Penilaian dan Raport ini terdiri dari bagian input data sekolah, input data siswa, input dan edit Kompetensi Dasar (KD), input KKM/KBM, Input Data Absensi dan Keterangan Siswa, Input Nilai KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4, serta bagian cetak yang terdiri dari cetak raport semester 2, cetak rekap penilaian KI-3 dan Ki-4 serta cetak piagam bagi 10 siswa terbesar nilainya.

Aplikasi ini saya protect (kunci) yang dapat sahabat guru lihat di menu petunjuk passwordnya untuk menghindari terhapusnya rumus atau yang lainnya. Sedangkan pada bagian data yang diinput saya biarkan tidak diprotect. 


Pada bagian menu Kompetensi Dasar, sahabat bisa mengedit Kompetensi Dasar sesuai dengan yang berlaku di sekolah sahabat terutama pada Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) sesuai dengan agama yang ada di sekolah sahabat, mapel Mulok Wajib (Bahasa Daerah) disesuaikan dengan Bahasa Daerah sahabat, dan mapel mulok pilihan 1 dan 2.

Selanjutnya sahabat menginput nilai pada aplikasi ini hanya pada bagian yang berwana putih yang sengaja saya tida protect untuk input data nilai. Baik itu pada input nilai KI-1 dan KI-2, KI-3 dan KI-4.

Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 Revisi


Pada bagian putih yang diberi tanda panah merah sahabat menginput nilai KI-3 dan Ki-4. Untuk bagian yang berwarna adalah bagian rekap Nilai KD, Nilai Akhir, dan Nilai Raport. Pada aplikasi ini ketentuan nilai.

Nilai pada KI-3 (Pengetahuan)
  • Penilaian Harian (PH) diinput sesuai penilaian yang dilakukan oleh sahabat di kelasnya.
  • Rekap nilai per KD hasil dari rata-rata tiap KD.
  • Nilai PTS diinput sesuai dengan nilai PTS semester 2 dengan KD sudah disesuaikan.
  • Nilai PAT diiput sesuai dengan nilat PAT pada semester 2.
  • Nilai Akhir (NA) diperoleh dengan menggunakan rumus ((2 x PH) + PTS + PAT) 4 pada setiap KD nya.
  • Nilai Raport diperoleh dari rata-rata nilai tiap KD pada semester 2
Nilai pada KI-4 (Keterampilan)
  • Penilaian Keterampilan (KI-4) terdiri dari nilai Praktek, Nilai Produk, dan Nilai Proyek. 
  • Setiap aspek penilaian pada setiap KD diambil nilai terbesar yang akan muncul pada kolom Rekap per KD.
  • Nilai Akhir diperoleh dari rata-rata nilai pada KD dari Nilai Praktek, Nilai Produk, Nilai Proyek.
  • Nilai Raport diperoleh dari rata-rata nilai setiap KD.
Setelah input data nilai selesai pada akhir semester 2, pada bagian Cetak Raport yang terdiri dari Raport, Legger Nilai, dan Piagam sahabat tinggal mengklik tanda segitiga yang saling bertolak belakang untuk memunculkan siswa sesuai dengan urutan absen.


Pada bagian cetak raport, saya sengaja tidak memisahkan sheet perbagoan (sampul, nilai, catatan, mutasi) karena pengalaman kadang lupa mengganti no urut siswa yang pada akhirnya data nilai atau yang lainnya tidak sesuai dengan siswa tersebut. Akan tetapi disatu sheet kan dengan bantuan tombol button untuk mempercepat ke bagian lain.

Pada bagian cetak raport yang dapat diedit hanya pada bagian Mulok Wajib, Mulok 2 dan Mulok 3 untuk mengganti nama Bahasa Daerah atau menghapus. Pada bagian cetak piagam silahkan edit oleh sahabat identitas sekolah pada bagian yang sudah ditentaukan.


Masih banyak yang harus dijelaskan, akan tetapi terlalu panjang. Silahkan sahabat DOWNLOAD buka dan pelajari, jika ada rumus yang tdk jalan silahkan beri komentar di sini.

Saya sengaja membagi Aplikasi Penilaian dan Raport Kelas 5 Semester 2 ini dalam 2 file. File pertama menggunakan Ms. Excell 2016, dan yang kedua sudah di save as ke MS. Excell 97-2003. Gar dapat dibuka di laptop sahabat yang menggunakan excell expire dan 2010 ke sini. Baiklah silahkan salahabt guru unduh file Aplikasi Penilaian dan Raport Kelas 5 Semester 2 Revispada tautan berikut.
Baca Juga:
  • Aplikasi Penilaian dan Raport Kelas 1 Semester 2 K 13
  • Aplikasi Penilaian dan Raport Kelas 2 Semester 2 K 13
  • Aplikasi Penilaian dan Raport Kelas 3 Semester 2 K 13
  • Aplikasi Penilaian dan Raport Kelas 4 Semester 2 K 13
  • Aplikasi Penilaian dan Raport Kelas 6 Semester 2 K 13
Demikian yang saya dapat bagikan semoga bermanfaat bagi sahabat guru kelas 5 untuk mulai input penilaian agar pas waktu akhir semester tidak terlalu repor. Saya tunggu masukan dan sarannya serta terima kasih atas kunjungan pada blog saya ini www.portaledukasidikdas.com.

Salam Edukasi

Wassalamu'alaikum, Wr. Wb.

Posting Komentar

mohon izin menyalin aplikasinya, makasih semoga ini jadi amal zariah.

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget