Materi PKP 2019 Unit Pembelajaran Bilangan Bulat

Assalamu'alaikum, wr. wb. 
Sahabat guru selamat berjumpa lagi. Kali ini saya akan berbagi modul PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 2019. Yaitu salah satu Unit Pembelajaran Bilangan Bulat. 

Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Bilangan Bulat

Kita ketahui bahwa pelatihan/peningkatan guru sekarang berbeda dengan tahun 2016.2017. dan 2019. JIka pada tahun 2016 namanya Program Guru Pembelajar (GP) dengan modul yang harus dituntaskan guru sebanyak 10 modul dengan Kriteria Capaian Minimal (KCM) 65. Pada tahun 2017 berganti nama menjadi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan modul yang sama dengan tahun 2016, hanya ada beberapa revisi dengan KCM 70. Dan tahun 2018 namanya tetap PKB dengan modul tetap 10 ditambah dengan penyusunan soal USBN untuk SD dengan KCM 75.
Untuk tahun 2019, pelatihan peningkatan guru berganti menjadi PKB melalui PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) yang arahannya adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam proses pembelajaran yang berkaitan dengan Keterampilan Abad 21, yaitu pembelajaran dan penilaian berbasis Higher Order Thingking Skilss (HOTS). 


Salah satu modulnya adalah Unit Pembelajaran Bilangan Bulat. Unit pembelajaran ini berisi kemampuan matematika siswa terkait dengan materi Bilangan Bulat. Pada unit pembelajaran ini berisi, diantaranya:
  1. Kompetensi Dasar dan target Kompetensi
  2. Indikator Pencapaian Kompetensi
  3. Soal-soal USBN dan soal yang berorientasi HOTS
  4. Lembar Kerja Peserta Didik
  5. Materi konsep bilangan bulat dan operasi hitung bilangan bulat
  6. Pembahasan sosal-soal USBN, dan
  7. Pengembangan soal HOTS bilangan bulat

PKP Berbasis Zonasi 2019 SD Unit Pembelajaran Bilangan Bulat


Unit pembelajaran ini memberikan panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berorientasi HOTS. Pembelajaran HOTS adalah pembelajaran yang diawali dengan stimulus/tugas/pertanyaan yang menantang siswa untuk mampu berpikir tingkat tinggi. Akan tetapi, bukan berpikir sulit, tapi bagaimana siswa mampu berpikir secara kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Unit pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi kita sebagai guru dalam melaksanakan tugas membimbing, mengarahkan, memberi, dan mengevaluasi pembelajaran di kelas yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan.

Silahkan sahabat guru untuk mengunduh Unit Pembelajaran Bilangan Bulat SD pada tautan di bawah:

Demikian yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat

Salam Edukasi

Posting Komentar

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget