Update Prota dan Promes Semester 2 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Kurikulum 2013 Revisi

Assalamu'alaikum. Wr. Wb
Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Prosem/Promes) merupakan kebutuhan administrasi pembelajaran yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran. Tiada keberhasilan tanpa perencanaan yang baik. Program Tahunan dan program Semester merupakan perencanaan pembelajaran.

Program Tahunan (Prota) ialah persiapan pembelajaran yang dibuat di awal tahun untuk menentukan tema, sub tema/materi/KD dan jumlah jam pembelajaran yang disesuaikan dengan Minggu Efektif/Hari Efektif/Jam Efektif. 

Prota dan Prosem Semester 2 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 K 13 TP 2018/2019

Program Tahunan untuk Tematik K 13 terdiri dari Identitas: Satuan Pendidikan, Kelas, Muatan Pelajaran, Tahun Pelajaran, serta Tabel yang terdiri dari kolom Tema, Sub Tema, dan Alokasi Waktu.
Program Tahunan Mata pelajaran terdiri dari identitas: Satuan Pendidikan, Kelas, Mata Pelajaran, Tahun Pelajaran, serta Tabrl yang terdiri dari kolom Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar dan Alokasi Waktu.

Program Semester merupakan perencanaan yang dibuat di awal semester, baik semester ganjil maupun semester genap. Program semester terdiri dari.
Program semester tematik K 13: Identitas (Satuan Pendidikan, Kelas/Semester, Tahun Pelajaran) Tabel yang terdiri dari: tema, sub tema, aalokasi waktu serta kolom-kolom pengisian program setiap bulan pada semester 1 atau 2 yang dibuat per minggu, dan terakhir adalah keterangan/program dan realisasi.
Seorang guru menyusun Program Tahunan di awal tahun pelajaran. Sebelum disusun Prota terlebih dahulu menganalisis minggu efektif, hari efektif, dan jam pelajaran efektif untuj menentukan jumlah jam per tema, sub tema atau per Kompetensi Dasar. Kemudian dari Program Tahunan disusun Progra Semester. Program Semester ada dua, program Semester 1 dan Program Semeste 2. Program Semester dibuat berdasarkan program Tahunan. Pengisian alokasi waktu dalam program tahunan dan program semester dijadikan acuan pengisian alokasi waktu dalam silabus yang sudah dikembangkan. Setelah itu baru disusunlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan alokasi waktu berdasarkan program semester dan silabus pembelajaran.

Baiklah, sahabat guru bagi yang memerlukan PROTA dan PROMES Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat di download pada tautan di bawah ini.
Itulah yang bisa saya bagikan terkait PROTA dan PROSEM terupdate  untuk Tahun pelajaran 2018/2019, semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.

Salam Edukasi

Posting Komentar

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget