RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
Sahabat guru SD selamat jumpa lagi dengan saya di www.portaledukasidikdas.com. Kali ini saya akan berbagi RPP Matematika RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan implementasi Model Pembelajaran. RPP Matematika ini terdiri dari 6 Kompeten Dasar baik KI 3 maupun KI 4. Untuk Kompetensi Dasar Pengetahuan terdiri dari  KD 3.5, KD 3.6, KD 3.7, dan KD 3.8. Untuk Kompetensi Dasar Keterampilan terdiri dari KD. 4.5, KD 5.6, KD 4.7, dan KD 4.8.

RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013


RPP ini lengkap dengan implementasi Pendekatan Saintifik, ialah (1) Mengamati (membaca, mendengar, dan menyimak; (2) menanya; (3) mengumpulkan informasi; (4) mengasosiasi, dan (5) mengkomunikasikan. Selain itu RPP Matematika Kelas 4 semester 2 ini juga dilengkap dengan kegiatan yang mengandung pembelajaran HOTS (Higher Order Thingking Skills), serta nilai-nilai karakter yang terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, baik pendahuluan, inti maupun kegiatan penutup.
Dalam RPP ini juga langkah-langkah pembelajarannya menggunakan model pembelajaran yang direkomendasikan untuk Kurikulum 2013, diantaranya  Model Pembelajaran Discovery Learning atau Model Pembelajaran Penemuan. Model Disecovery Learning adalah model pembelajaran yang termasuk pada Teori Belajar Konstruktivisme, karena dalam model ini Peserta Didiklah yang aktif dalam pembelajaran, menemukan konsep, dan membangun pengetahuan sendiri. Sementara guru berperan sebagai fasilitator yang memberikan arahan dan bimbingan serta pelayanan dalam proses pembelajaran.

Adapaun langkah-langkah (sintaks) Model Discovery Learning ialah sebagai berikut.
  1. Orientasi Peserta Didik pada Masalah. Kegiatan ini peserta didik diberi rangsangan (stimulus) oleh guru agar termotivasi dalam pembelajaran dengan pertanyaan, tayangan gambar atau video, dan permasalahan sehari-hari peserta didik.
  2. Mengorganisasikan Peserta Didik. Kegiatan ini peserta didik dikelompokkan secara heterogen, juga meminta peserta didik mengelompokkan permasalahan yang sesaui dengan materi yang akan dipelajari.
  3. Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok. Kegiatan ini guru mengarahkan peserta didik dan kelompoknya untuk mengadakan kegiatan mengumpulkan infoemasi yang relevan dengan permasalahan.
  4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya. Kegiatan ini peserta didik diarahkan untuk menyampaikan hasil diskusinya, mempresentasikan hasil karya, hasil kerja kelompok, menyimpulkan permasalahan, bertanya, mengemukakan pendapat, dan menyelesaikan uji kompetensi.
  5. Menganalisan dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah. Kegiatan ini peserta didik diminta menganalisa masukan, koreksi, dan tanggapan guru.

Itulah sekilas tentang sintaks Model Pembelajaran Discovery Learning. Semoga menjadi bahan masukkan dan pencerahan bagi sahabat guru, jika ada kesalahan dalam menjelaskan model ini, silahkan koreksi dan beri masukkan.

1. Prota, Promes, KKM, Silabus, KKM Matematika Kelas 4 Smt 2
Baiklah sahabat guru, jika memerlukan RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 ini silahkan untuk UNDUH pada tautan di bawah ini.
Semoga yang saya bagikan di atas bermanfaat bagi sahabat guru. Terima kasih atas kunjungannya di www.portasledukasidikdas.com 

Wassalamu'alaikum, wr.wb

Salam Edukasi

Posting Komentar

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget