Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 untuk SD Revisi



Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 untuk SD Revisi, merupakan buku acuan untuk guru dalam melaksanakan proses pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 untuk siswa SD Kelas 4, 5, 6. Mata pelajaran Matematika dalam kurikulum 2013 semula terintegrasi dalam pembelajaran Tematik Integratif, kemudian Kemendikbud melakukan penyempurnaan Kurikulum 2013, yaitu untuk kelas tinggi (4, 5, dan 6) mata pelajaran Matematika dan PJOK diajarkan secara terpisah (parsial) tidak tematik lagi.

Alasan pemisahan mata pelajaran Matematika dari tematik integratif menjadi pasrial, dikarenakan materi yang ada pada buku Tematik Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Matematika terasa dangkal.Oleh karena itu, siswa dalam memahami konsep matematika dirasa dangkal dan Matematika harus diajarkan secara terpisah untuk kelas tinggi di SD.

Buku Guru Matematika untuk SD Revisi ini akan dibagikan secara gratis untuk Bapak/Ibu yang mengampu di kelas tinggi SD. 

Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 SD Revisi

Buku Guru Matematika ini berisi Petunjuk Umum, yang berisi petunjuk bagi guru untuk mempermudah penggunaan buku siswa dan buku guru:
  • Tujuan Pembelajaran Matematika
  • Strategi Pembelajaran Matematika
  • Sumber Belajar dan Media Belajar Matematika
  • Pembelajaran dan Penilaian
  • Pengayaan dan Remidial
Bagian isi Buku Guru ini terdiri dari beberapa bab sesuai materi pelajaran yang ada di kelas 4, 5, dan 6 SD. Setiap bab terdiri dari bagian-bagian yang penting sebagai panduan guru dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan serta penilaian dalam pembelajaran matematika Kurikulum 2013 di SD. Bagian-bagian isi terdiri dari:
  1. Petunjuk untuk guru
  2. Pengantar
  3. KI dan KD
  4. Indikator Pencapaian Kompetensi
  5. Tujuan Pembelajaran
  6. Kegiatan Pembelajaran, yang terdiri dari Ringkasan Materi, Pendahuluan, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Akhir
  7. Alat/Bahan/Media Belajar
  8. Sumber Belajar
  9. Penilaian
  10. Remidian dan Pengayaan, dan
  11. Soal-soal evaluasi
Tentunya Buku Guru Matematika ini sangat dibutuhkan oleh guru, karena mempermudah guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menentukan Alat/Bahan/Media Belajar, Mencari Sumber Belajar, dan mengembangkan bahan ajar. Mengingat Buku Guru dan Buku Siswa Matematika tidak semudah mendapatkan Buku Guru dan Buku Siswa Tematik. 

Buku Guru Matematika SD ini juga sudah ada langkah-langkah Pendekatan Saintifik-nya, yang terdiri dari Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Data, Menalar, dan Mengkomunikasikan. Sehingga dalam penyusunan RPP dan pelaksanaan proses pembelajaran lebih terarah. 

Selain itu langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan miodel pembelajaran seperti discovery learning, problem based learning, project based learning. dll. Salah satu contoh penggunaan model pembelajaran dalam panduan Buku Guru ini adalah dengan model discovery learning.


Buku Guru Matematika untuk SD:
Demikian mengenai Buku Guru Matematika SD Revisi ini, semoga bermanfaat dalam membantu Bapak/Ibu melaksanakan pembelajaran di kelasnya, khususnya pada mata pelajaran matematika di kelas tinggi SD.

Unduh juga : 
RPP dan PROSEM Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Terima kasih atas kunjungan Bapak/Ibu pada blog kami, jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kami.



Posting Komentar

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget