Perbedaan Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018 Lulusan SMA dan S 1

Pendaftaran lowongan bagi pelamar CPNS 2018 sebentar lagi dibuka. Masih antusiasnya para pelamar CPNS dapat dipahami, karena beberapa keuntungan jika menjadi PNS, diantaranya tida ada PHK dan ada jaminan masa tua (pensiun).

Dibukanya lowongan CPNS menjadi sebuah penantian jutaan pelamar CPNS seluruh Indonesia, baik dari honorer atau umum.

Sebelum dibuka pendaftaran CPNS, sebaiknya mengetahui dulu persayaratan yang harus disiapkan oleh para pelamar, baik pelamar lulusan SMA/D2/D3 atau pelamar lulusan S1 dan S2.


Ada perbedaan persayaratan antara pelamar CPNS dari SMA dan S 1.

  1. Persayaratan yang harus disiapkan oleh calon pelamar yang memiliki kualifikasi SMA atau sederajat dan Kualifikasi D2 atau D3, yaitu:

  • Surat lamaran, bertujuan ke Pihak Panitia CPNS (Panselnas) diketik dengan format yang diunduh melalui laman sscn, disertai tanda tangan materai 6.000
  • Fotokopi E-KTP atau surat keterangan Dukcapil
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai atau SKHUN
  • Ijazah dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Mengengah Atas.
  • Pasfoto terbaru dengan backgroun warna merah 4 lembar
  1. Persyaratan yang harus disiapkan oleh calon pelamar yang memiliki kualifikasi S1 dan sederajat atau S2

  • Surat lamaran, diketik dengan format yang diunduh melalui laman sscn, disertai tanda tangan materai 6.000
  • Fotokopi E-KTP atau surat keterangan Dukcapil
  • Ijazah dan transkrip nilai asli
  • Pasfoto terbaru dengan backgroun warna merah 1 lembar
Selain beberapa persayaratan yang harus disiapkan oleh para calon pelamar baik yang berkualifikasi SMA atau sederajat ataupun yang memiliki kualifikasi S1. Ada baiknya mengetahui dulu alur registrasi/pendaftaran secara online, diantaranya:
  1. Calon pelamar wajib membuka portal CPNS 2018 www.panselnas.menpan.go.id dan mencari info: a). Melihat pengumuman formasi jabatan untuk Instansi yang ingin dilamar dan juga syarat pendaftarannya.b). Mendaftarkan NIK, Nama, Tanggal lahir, dan Email aktif. c). Memilih Instansi yang dilamar.
  2. Pelamar akan mendapat email balasan dari portal CPNS 2014, berupa User Name, Password dan Link Regristasi online dari Instansi yang dilamar.
  3. Pelamar masuk ke portal www.sscn.bkn.go.id login dengan User Name dan Password yang dikirim portal CPNS 2018 ke Email yang telah didaftarkan. a). Pelamar dapat melihat pengumuman dan persyaratan pendaftaran untuk Instansi yang telah dilamar. b). Pelamar mengisikan Biodata Pelamar. c). Memilih Kualifikasi Pendidikan dan Formasi Jabatan yang dilamar (Maksimal 3 Formasi Jabatan sesuai Kualifikasi Pendidikan). d). Mencetak kartu regristasi SSCN.
  4. Pelamar melakukan pemberkasan berdasarkan syarat pendaftaran masing - masing Instansi dan diwajibkan pula menyertakan kartu regristasi SSCN untuk di verifikasi.
Demikian informasi mengenari persayaratan dan cara mendaftar online bagi pelamar CPNS 2018. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Mulai pembukaan cpnsnya kapan??

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget