BERBAGI PENGALAMAN MENJADI FINALIS INOBEL 2017


Ada beberapa lomba yang diselenggarakan oleh Kemendikbud khusunya oleh Ditjen Kesejahteraan, Penghargaan, dan Perlindungan (KESHARLINDUNG) Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Ada tiga lomba yang bergengsi yang menjadi impian guru-guru dari mulai guru SD sampai guru SMA/SMK se-Indonesia. Tiga lomba bergengsi tersebut adalah Lomba Guru Berprestasi, Olimpiade Guru Nasional (OGN), dan Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL).
      Ketiga lomba bergengsi bagi guru tingkat nasional ini, saya akan berbagi pengalaman Perlombaan Inovasi Pembelajaran (INOBEL) SD tahun 2017, karena saya merasakan sendiri masuk finalis yang diselenggarakan di Bali dari tanggal 4 – 8 September 2017. Dan alhamdulillah mendapatkan anugrah yang tiada hingganya karena sebagai Juara ke-3 INOBEL Tingkat Nasional SD Bidang MIPA Tahun 2017. Rasa bangga, bahagia, dikenal oleh guru seluruh Indonesia, dan tentunya saya gak nyangka sekali akan menjadi Juara  ke-3 pada ajang bergengsi tingkat nasional bagi guru.
BERBAGI PENGALAMAN MENJADI FINALIS INOBEL 2017

          Awalnya saya tidak menyangka menjadi juara INOBEL Tahun 2017 ini. Saya sangat pesimis, karena saya belum pernah ikut lomba apapun. Jangankan tingkat nasional, tingkat kabupaten juga tidak pernah pernah.
          Pengalaman saya sebagai juara INOBEL ke -3 tingkat nasional akan saya bagi di sini apa yang saya ingat dan prediksi kelebihan saya jadi juara 3.
          Selain itu melalui blog saya ini, saya bagi materi workshop INOBEL tahun 2017 agar Bapak/Ibu bisa mempleajarinya dan menjadikan masukan yang berharga bagi MEDIA dan KARYA TULIS ibu yang akan dilombakan di INOBEL baik tahun 2018 ini ataupun tahun-tahun yang akan datang.

Unduh materi WORKSHOP Perlombaan Inovasi Pembelajaran


Materi workshop Perlombaan Inovasi Pembelajaran dapat Bapak/Ibu unduh pada tautan di bawah ini.


          Ada beberapa tahapan penilaian dalam omba INOBEL tingkat nasional, yaitu: 1) Tahap penilaian administrasi melalui on line, 2) Tahap similarity (uji plagiarisme naskah) dan Citacy (kesesuaian rujukan naskah dan daftar pustaka), 3. Tahap pemanggilan peserta lolos workshop, disini peserta yang lolos dibekali dengan pengetahuan tentang karya tulis ilmiah, merancang display (pameran), membuat presentasi dan menyajikan presentasi, 3) Tahap penilaian inovasi pembelajaran, 4) Tahap display, pada tahap ini peserta lomba INOBEL memamerkan hasil karya inovasinya dengan diuji oleh 5 orang juri, dan 6) Tahap paling mendebarkan, yaitu tahap presentasi hasil karya inovasi pembelajaran di depan 5 orang juri.
          Saya akan berbagai TIPS  bagaimana tembus menjadi FINALIS bahkan mungkin menjadi juara  INOBEL, diantaranya:
1.  Hasil karya inovasi adalah benar-benar asli karya kita sendiri, bukan jiplakan dari orang lain. Disini jangan melihat karya kita sederhana atau rumitnya. Justru karya yang sederhana, mudah dibuat, mudah digunakan dalam proses pembelajaran, mudah ditiru oleh guru lain, dan menggunakan bahan yang murah bahkan bekaslah yang mendapat penilaian tinggi. jangan sekali-kali menggunakan bahan berbahaya bagi peserta didik atau bahan yangdibuat pabrikan.
2. Karya inovasi boleh juga hasil pengembangan dari sebuah karya inovasi yang sudah ada, yang penting bukan hasil jiplakan dari karya inovasi orang lain.
3. Yang harus diingat adalah guru akan melahirkan sebuah karya inovasi ketika guru memikirkan suatu perbaikan pembelajaran di kelasnya. Buang jauh-jauh bahwa guru akan membuat inovasi itu hanya untuk lomba saja. Alasannya sederhana, ketika guru memikirkan sebuah inovasi untuk perbaikan pembelajaran, maka guru akan menguasai penuh seluk beluk inovasi itu, serta bagaimana menggunakannya dalam pembelajaran. Hal ini akan menjadi modal ketika pertanyaan dari juri tentang karya inovasi pembelajaran tersebut akan dijawab dengan tenang dan percaya diri.
4. Buatlah sintaks pembelajaran dengan model atau pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan dapat menanamkan konsep pembelajaran bukan memahamkan sebuah konsep pembelajaran. Misalnya model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery Learning, atau sebuah sintaks yang kita buat sendiri dengan mengacu pada sebuah teori belajar.
5.  Dalam menyusun naskah Perlombaan INOBEL hindari plagiat. Karena tim penilai menggunakan aplikasi anti plagiarisme dalam menilai similarity dan citacy naskah INOBEL kita. Dalam menyusun naskah INOBEL perlu kita perhatikan dan pelajari aturan penulisan karya tulis ilmiah agar terhindar dari plagiat. Ada baiknya kita mempunyai soft ware untuk mengecek plagiat, supaya sebelum naskah dikirimkan chek plagiarisme similarity di bawah 40% agar dapat lolos tahap workshop, dan citacy di atas 75%. (Tentang Similarity dan citacy ada dalam materi yang ditautkan)
6. Lengkapi naskah karya INOBEL dengan bukti-bukti fisik foto bahan alat peraga atau media inovasi pembelajaran yang dibuat, foto dan alur pembuatannya, foto penggunaan dalam pembelajaran, fotodiseminasi pada teman-teman guru di sekolah maupun di KKG/MGMP.
7. Yang terkahir mencoba, percaya diri, dan niat semata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas kita dan menjadi rujukan guru di seluruh Indonesia.
          Itulah pengalaman yang saya dapat bagikan menembus FINALIS dan JUARA INOBEL tingkat nasional yang sudah saya rasakan keampuhannya. Selamat mencoba Bapak/Ibu Guru. Semoga Berhasil.


Posting Komentar

Terima kasih pak atas kiat2nya. Sangat bermanfaat.

Terima kasih, sudah ikhlas berbagi. Inspiratif ... salam takzim

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. -

mksh ats infonya yg inspirtif ini

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget