Kisi-kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2018/2019

Kisi-kisi Ujuan Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar (USBN SD) Tahun Pelajaran 2018/2019 berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) Nomor : 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 tentang Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019. Peraturan ini memuat aturan dan kisi-kisi soal untuk jenjang SD/MI Sederajat, SDTK, SMP/MTs sederajat, SMPLB/MTsLB, SMPTK, SMA/MA sederajat, SMA LB, dan SMK/MAK.



Download Kisi-kisi Soal USBN SD Tahun 2018/2019


Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan Kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi USBN tersebut memuat level kognitif dan lingkup materi pelajaran pada jenjang dan jenis pendidikan.


Adapun level kognitif untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) pada penyusunan kisi-kisi dan soal USBN adalah gabungan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 dengan sebutan kisi-kisi soal irisan. Mata pelajaran yang di USBN kan di tingkat SD ada tiga, yaitu: Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ketiga mata pelajaran tersebut disusun kisi-kisinya berdasarkan level kognitif yang terdiri dari tiga level kognitif.
  1. Level  Kognitif 1 (L-1) Pengetahuan dan Pemahaman dengan indikator mengandung Kata Kerja Operasional (KKO)  menentukan, mengidentifikasi, dan memaknai.
  2. Level Kognitif 2 (L-2) Aplikasi dengan indikator mengandung Kata Kerja Operasional (KKO) menyimpulkan, menggunakan konsep/prinsip.
  3. Level Kognitif 3 (L-3) Penalaran dengan indikator mengandung Kata Kerja Operasional (KKO)  mengevaluasi, membandingkan pola (menganalisis), dan menanggapi.

Unduh Kisi-kisi Soal USBN SD 2018/2019


Dalam pengembangan dan perakitan soal berdasarkan Kisi-kisi USBN dan ada beberapa yang harus dihindari dalam mengembangkan dan merakit soal seperti berikut ini:
  1. kesalahan konsep keilmuan; 
  2. isu negatif terkait dengan suku, ras, agama, dan antargolongan (SARA);
  3. isu sensitif, kontroversial, dan politis;
  4. muatan radikalisme, kekerasan, pornografi, dan asusila;
  5. muatan komersialisasi dan penyebutan nama dagang;
  6. isu yang terkait khilafah dan/atau perbedaan pendangan mazhab, aliran, dan sekte keagamaan terutama pada mata pelajaran pendidikan agama; dan
  7. plagiarisme termasuk penggunaan soal yang pernah beredar atau digunakan.
Di atas adalah ketentuan dalan mengembangkan soal berdasarkan Kisi-kisi USBN.

Di sini saya bagikan Surat Keputusan dan Kisi-kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai berikut:
  1. SK Tentang Kisi-Kisi USBN TP 2018/2019
  2. Kisi-kisi USBN Bahasa Indonesia TP 2018/2019
  3. Kisi-kisi USBN Matematika TP 2018/2019
  4. Kisi-kisi USBN IPA TP 2018/2019
Demikian yang dapat saya bagikan terkait SK dan Kisi-kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2018/2019, semoga bermanfa'at. Kunjungi terus www.portaledukasidikdas.com untuk mendapatkan info terkini seputar pendidikan dan pembelajaran SD.

Posting Komentar

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget