PENILAIAN HARIAN KURIKULUM 2013 KELAS 5 SD SMT 1 VERSI CETAK

Aplikasi Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 5 SD Semester 1 Versi Cetak. Admin telah men share Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Semester  1 Versi Ceta untuk kelas 1, 2, dan 4. Kali ini admin akan membagikan Aplikasi Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 1 Versi Cetak.


Seperti aplikasi penilaian pada kelas 1, 2, dan 4, aplikasi ini menggunakan excell  dengan format yang sama. Untuk kelas 5 sama dengan kelas 4, pada entry nilai per tema terdiri dari 5 tema, dan setiap tema terdiri dari mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Sementara untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP), Matematika, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), serta Muatan Lokal dan Pilihan secara parsial atau terpisah.

Seperti pada kelas 1, 2, dan 4 pada aplikasi penilaian kelas 5 ini juga dilengkapi dengan halaman (sheet) untuk nilai rata-rata Penilalaian Harian (PH) per KD di setiap mata pelajarannya, entri nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) tiap Kompetensi Dasar (KD), Penilaian Akhir Semester (PAS) tiap KD, Nilai Akhir (NA) tiap KD dengan penentuan NA adalah ((2 x rata-rata PH) + (1 x PTS) + (1 x PAS))/4, kemudian NA tiap KD di rata-rata kan menjadi Nilai Raport dan di sebelahnya kolom Predikat dan Deskripsi.

Predikat terdiri dari :
  • A =  Sangat Baik
  • B =  Baik
  • C =  Cukup Baik, dan
  • D =  Perlu Bimbingan
Untuk menentukan predikat masing-masing perolehan Nilai Raport terlebih dahulu menentukan KBM (Ketuntasan Belajar Minimal) sekolah masing-masing mata pelajaran. KBM untuk Raport diambil dari nilai KBM sekolah. KBM sekolah diambil dari nilai terendah dari kelas 1 s.d 6 setiap mata pelajarannya.

Menentukan rentang nilai pada setiap Predikat (A, B, C, atau D) dengan rumus sebagai berikut:
Misal KBM sekolah untuk mata pelajaran matematika adalah 65.
100 - 65 = 35;     *100 adalah nilai maksimum 
Kemudian 35 dibagi tiga interval nilai (A, B, dan C), jadi 35 : 3 = 11,67 (dibulatkan 12)
  • Predikat D adalah nilai di bawah KBM (65), D < 65
  • Predikat C adalah 77 < C <= 65
  • Predikat B adalah 89 < B <= 77
  • Predikat A adalah 100 <= A <= 89
Menentukan deskripsi nilai tiap siswa pada setiap mata pelajarannya adalah dengan melihat nilai terbesar dan terkecil pada KD setiap siswanya.

Misal Arif pada mata pelajaran Matematika kelas 5, nilai terbesarnya = 90 KD 3.1 (Menjelaskan dan melakukan dua pecahan dengan penyebut tidak sama) dan nilai terkecilnya = 67 pada KD 3.4 (Menjelaskan skala memalui denah). Maka deskripsinya adalah "Arif sangat baik dalam menjelaskan dan melakukan dua pecahan dengan penyebut tidak sama dan cukup baik dalam menjelaskan skala melaui denah".

Aplikasi ini terdiri dari bagian:
  • Identitas
  • Data Siswa
  • Cover
  • Petunjuk
  • Entri nilai setiap tema
  • Rata-rata nilai KD Pengetahuan (KI-3), Nilai PTS, PAS, NA, Predikat, dan Deskripsi.
  • Rata-rata nilai KD Keterampilan (KI-4), NA, Predikat, dan Deskripsi.
Silahkan Bapak/Ibu yang memerlukan Aplikasi Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 1 dapat di download di bawah ini.


Semoga aplikasi penilaian ini bermanfaat. Aplikasi ini masih jauh dari sempurna, saya mohon kritik, saran, dan masukkannya agar dapat disempurnakan lagi.

Download juga:

    Ditunggu kunjungan berikutnya serta saran dan masukkannya.

    BY; Foedins_Thea

    Posting Komentar

    [blogger][pacebook][disqus]

    MKRdezign

    {facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
    Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget