Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 SD Per JP Lengkap

Contoh Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 Per Jam Pelajaran untuk SD lengkap. Untuk merespons kebingungan sebagian kalangan guru dalam membuat Jadwal Pelajaran Per Jam Pelajaran satu minggu, kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang penyusunan Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 per Jam Pelajaran selama satu minggu. Jadwal Pelajaran sudah banyak yang diposting, akan tetapi kebanyak jadwal pelajaran per tema yang dibuat per semester.


Contoh Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 SD Per JP 


Yu kita bahas bagaimana menyusun Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 untuk SD per JP.
  1. Melihat beban belajar tiap kelas di sekolah Bapak/Ibu, yang terdiri dari jumlah jam Tematik dan Mata Pelajaran per-minggunya. Setiap jenjang kelas berbeda jumlah jam tematiknya, kecuali keas atas (4, 5, dan 6) sama jumlah jamnya.
  2. Menyesuaikan jam pelajaran Mapel Khusus yang terpisah, yaitu : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP), Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), dan Mapel Mulok pilihan kecuali Matematika untuk kelas tinggi yang diampu oleh guru kelas masing-masing. Tujuannya agar mapel tersebut tidak bentrok waktu nya dengan kelas lain.
  3. Menentukan kapan pelaksanaan kegiatan pembiasaan, seperti Upacara Bendera tiap hari Senin, Literasi, Shalat Dhuha, dan Kegiatan Ekstrakulikuler melalui rapat di sekolah.
  4. Untuk kelas tinggi (4, 5, dan 6) jumlah jam tematiknya lebih sedikit dari kelas 1, 2, dan 3, karena mata pelajaran Matematika dan PJOK terpisah 

Ini dia ketentuan Beban Belajar dari Kemendikbud untuk kelas 1 sampai kelas 6 sekolah dasar.


Berdasarkan tabel di atas jumlah jam per minggu untuk:
1. Tematik:
  • Kelas 1 sebanyak 26 JP
  • Kelas 2 sebanyak 28 JP
  • Kelas 3 sebanyak 30 JP
  • Kelas 4, 5, 6 masing-masing 22 JP

2. Pendidikan Agama (PABP)
  • Jumlah jam Mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti masing-masing tiap kelas adalah 4 JP. 
3. Matematika
  • Mata pelajaran matematika diajarkan terpisah di kelas 4, 5, dan 6 dengan jumlah jam masing-masing 6 JP.
4. PJOK
  • Sama halnya dengan matematika, PJOK juga di kelas 4, 5, 6 diajarkan terpisah dari tema, akan tetapi guru mapel PJOK dari kelas 1 s.d 6 terpisah. Jumlah jam PJOK untuk kelas 4, 5, 6 adalah 4 JP.
5. Mulok
  • Untuk muatan lokal jumlah jam biasanya disesuaikan dengan program sekolah, akan tetapi untuk Mulok wajib, yaitu Bahasa Daerah jumlah jam pelajarannya adalah 2 JP.


Contoh Jadwal Pelajaran Kur 13 per JP SD

Berikut adalah contoh Jadwal Pelajaran per JP dan Tematik lengkap:
Demikian postingan tentang Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 per JP untuk SD semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.


Posting Komentar

TERIMAKASIH BANYAK ILMU NYA.SEMOGA BERKAH

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget