Buku Guru Matematika Kelas 6 SD K 13 Revisi PDF

Buku Guru Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi ini merupakan Buku Guru soft copy dalam bentuk PDF. Buku Guru ini dibagikan untuk membantu Bapak/Ibu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika di kelas 6 sekolah dasar dengan kurikulum 2013. Implementasi Kurikulum 2013 di kelas 6 sekolah dasar baru dimulai tahun pelajaran 2017/2018 dengan persentai masih sedikit, pada tahun pelajaran 2018/2019 bertambah. 

Admin melihat banyak guru kelas 6 yang masih kebingungan terkait pelaksanaan pembelajaran matematika dikarenakan buku cetak Buku Guru dan Buku Siswa belum seluruhnya sekolah memiliki. Sementara materi pelajaran matematika yang ada di Buku Tematik masih banyak guru yang kebingungan dalam mengembangkannya, dikarenakan lingkup materi belum luas, sehingga dikhawatirkan konsep matematika di kelas tidak seluruhnya tersampaikan. Apalagi kelas 6 mengahadapi USBN.


Download Buku Guru Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi PDF


Buku Guru Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 ini bisa dijadikan panduan bagi Bapak/Ibu guru kelas 6 dalam mengembangkan Silabus, menyusun RPP, menyusun penilaian, dan melaksanakan pembelajaran matematika di kelas 6.

Buku Guru ini berisi:
A. Kompetensi Inti (KI)
Yang terdiri dari KI 1 (Sikap Spiritual), KI 2 (Sikap Sosial), KI 3 (Pengetahuan), dan KI 4 (Keterampilan)

B. Kompetensi Dasar (KD)
Merupakan penjabaran dari Kompetensi Inti 3 dan 4 tentang kompetensi yang harus dikuasai siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan materi-materi matematika kelas 6.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
IPK dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Dasar. IPK dirumuskan dengan menggunakan Kata Kerka Operasional (KKO). Dalam penyusunan IPK, KKO disusun berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai dengan melihat tingkat pemahaman siswa pada Taksonomi Bloom.

D. Peta Konsep
Peta Konsep menggambarkan keterkaitan antara materi pokok, sub materi, dan sub sub materi yang sesuai dengan materi pokok.

E. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber dan Media Pembelajaran berisi sumber belajar berupa buku paket, buku penunjang, lingkungan. Media belajar berisi media yang menunjang dalam menghantarkan pembelajaran matematika sesuai dengan lingkup materinya.

F. Narasi Tokoh/Aplikasi Matematika
Berisi tentang tokoh-tokoh matematika, penemur rumus,. aksioma, dan lambang bilangan matematika yang sangat penting diketahui siswa dan diharapkan menjadi motivasi belajar bagi siswa. Aplikasi Matematika berisi aplikasi matematika dalam kehiduoan sehari-hari.

G. Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran terdiri dari :
  • Apersepsi, sebagai pengait atau pengingat bagi siswa tentang materi dasar yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
  • Ulasan materi pelajaran
  • Langkah pembelajaran bersama materi dalam setiap langkah pembelajaran yang sesuai dengan Pendekatan Saintifik.
  • Penerapam mocdel pembelajaran Discovery Learning (DL), Problem Based Learning (PBL), dan Project Based Learning (PjBL) lengkap dengan sintak (tahapan) pembelajaran.
H. Penilaian
Penilaian berisi panduan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan disertai dengan format jurnal, penialian diri, penilaian antar teman, rekap penilaian sikap, penghitungan skor pada penilaian pengetahuan, rubrik penilaian keterampilan.

I. Remidial
Berisi tentang panduan pelaksanaan remidial bagi siswa di bawah KKM beserta soal-soal remidi nya.

H. Pengayaan
Berisi panduan pelaksanaan pengayaan bagi siswa yang mencapai KKM beserta soal-soal/tugas pengayaan.

Selain itu Buku Guru ini berisi Tugas Proyek, Rangkuman, dan Refleksi.


Demikian tentang Buku Guru Matematika Kelas 6 ini yang dapat admin sampaikan dan bagikan semoga bermanfaat.

Download juga:

Wassalamu'alaikum, wr.wb.

Posting Komentar

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget