UNDUH PANDUAN UMUM LOMBA PENULISAN BUKU BACAAN SISWA SD TAHUN 2018

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kemendikbud Tahun 2018 ini mengadakan Lomba Penulisan Buku Bacaan untuk Siswa Sekolah Dasar.

Berdasarkan data beberapa penelitian di bidang pendidikan menunjukkan bahwa kemampuan anak Indonesia dalam membaca berada di posisi yang cukup bawah. Karena itulah Kementerian memiliki program gerakan literasi nasional yang diimplementasikan ke dalam gerakan literasi sekolah dalam rangka meningkatkan budaya baca. 

Gerakan literasi nasional yang diimplementasikan di satuan pendidikan dengan gerakan literasi sekolah merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan dan budaya baca anak. Salah satu bagian dari gerakan ini adalah penyediaan panduan, bahan pembinaan, serta buku-buku bacaan bermutu yang sesuai dengan perkembangan anak. 

Kegiatan lomba penulisan buku bacaan untuk siswa sekolah dasar merupakan salah satu upaya untuk menyediakan buku bacaan literasi yang berkualitas. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pendidik, tenaga kependidikan serta pemerhati pendidikan untuk berkarya secara kreatif dalam bidang tulis menulis yang bermanfaat bagi upaya peningkatan budaya baca. 



Lomba ini terbuka untuk umum. Bagi rekan-rekan yang hobi menulis buku, lomba ini merupakan kesempatan untuk membuktikan kemampuan kita dalam menulis. Apalagi lomba ini berhadiah ratusan juta rupiah.

Adapun sasaran lomba adalah meningkatkan minat baca pada siswa sekolah dasar. Jenis buku yang dilombakan antara lain:
  1. Buku Bacaan Fiksi (30 judul dengan peserta lomba dari umum)
  2. Buku Bacaan Non Fiksi (30 judul dengan peserta lomba dari umum)
  3. Komik Pembelajaran (30 judul dengan peserta lomba dari umum)
Lomba dimulai dari bulan Juni s.d Juli 2018, dengan batas akhir pengiriman naskah buku yang dilombakan 30 Juli 2018 cap pos.

Adapun syarat-syarat dan ketentuan lomba serta hadiah bagi pemenang dapat rekan-rekan baca pada Panduan Umum Lomba Penulisan Buku Bacaan Siswa Sekolah Dasar Tahun 2018 yang dapat rekan DOWNLOAD DISINI.

Untuk naskah buku, soft copy, dan dokumen pendukung dikirim ke:
Panitia Lomba Penulisan Buku Bacaan Sekolah Dasar Subdit Kurikulum, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Gedung E Kemdikbud Lantai 18, Jl. Jend. Sudirman Senayan, Jakarta 10270.

Softcopy dapat juga dikirim ke: subditkurikulum.ditpsd@kemdikbud.go.id 

 Demikian informasi lomba Penulisan Buku Bacaan untuk Siswa SD Tahun 2018 yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat.

"GURU MULIA KARENA KARYA"

By; Foedins_Thea

Posting Komentar

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget